Kebijakan Keamanan Data

Kebijakan Keamanan Data Pribadi oleh Esboks Express telah sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi, kebijakan ini mengatur mengenai Pengelolaan, Pengumpulan, Penggunaan, penampilan data pribadi Pemilik Akun, Pengirim dan Penerima (selanjutnya disebut Penggguna).

Ruang Lingkup Kebijakan


Ruang Lingkup Kebijakan ini mencakup Data Pribadi Pengguna, yakni:

  1. Nama Lengkap
  2. Alamat pengiriman
  3. Alamat email
  4. Nomor telepon

Bagaimana Esboks Memperoleh Data Pribadi?

ESBOKS menerima Data Pribadi melalui aplikasi yang diunduh oleh Pengguna. Esboks dapat secara langsung menghubungi Pengguna melalui telepon, pesan singkat maupun email, untuk meminta informasi tambahan yang cukup untuk memudahkan pengiriman Barang/Paket pada Pengguna. Dalam hal ini, Pengguna dianggap telah setuju pada ketentuan kebijakan ini.

Persyaratan Yang Dibutuhkan Esboks Dari Pemilik Akun?

Untuk setiap Pengguna yang terhubung dengan aplikasi Esboks dan dalam proses hubungan tersebut Pengguna memberikan Data Pribadi ke aplikasi Esboks, Esboks memerlukan jaminan dari bahwa Pengguna bertindak sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi Secara khusus sebelum memberikan Data Pribadi, hal-hal penting yang dibutuhkan oleh Esboks adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan persetujuan dari Pengguna sebelum mengumpulkan, menggunakan, atau menampilkan Data Pribadi.
  2. Memastikan bahwa Data Pribadi yang terkumpul sudah akurat dan lengkap sehingga memudahkan pengiriman berhasil dan tepat waktu untuk kepentingan Pengguna.

Bagaimana Esboks Menggunakan Data Pribadi Pengguna?

Esboks menggunakan Data Pribadi Pengguna dengan maksud dan tujuan melayani, memastikan pengiriman berhasil dan tepat waktu, serta meningkatkan kualitas pelayanan. Hal ini berlaku untuk:

  1. Mengelola operasional dan administrasi Esboks dan mematuhi kebijakan serta prosedur internal Esboks.
  2. Menjalankan layanan pengiriman untuk Pengguna.
  3. Melacak dan menganalisa pengiriman Pengguna.
  4. Memberitahukan kepada Pengguna mengenai status pesanan atau kiriman Barang secara detail (smart tracking) dan memperbarui informasi mengenai perkembangan status tersebut.
  5. Menanggapi dan menangani pertanyaan dan permintaan dari Pengguna.
  6. Melakukan investigasi terkait perselisihan, penagihan, atau penipuan, kehilangan dan kerusakan Barang.
  7. Menangani keluhan, masalah, atau perselisihan terkait pengiriman Barang. Sesuai dengan nilai Esboks yang mengedepankan Proactive Customer.
  8. Memberikan fasilitas untuk korespondensi antara Pengirim dan Penerima.
  9. Menyediakan media untuk pemberitahuan dan tanggapan dari Pengguna.
  10. Melakukan analisa untuk memungkinkan Esboks lebih mengerti dan memahami lokasi, pilihan, demografi Pengguna dan untuk meningkatkan pelayanan kiriman Barang/Paket.
  11. Melakukan evaluasi yang berkaitan dengan penambahan produk, pengembangan informasi pelayanan, pengembangan promosi layanan, dan pengembangan bisnis lainnya oleh Esboks.
  12. Memproses pembayaran dan klaim asuransi yang mungkin muncul atas klaim Barang/Paket kepada pihak asuransi.
  13. Pengungkapan data pribadi sepanjang dibutuhkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  14. Memenuhi atau mematuhi semua peraturan, hukum, regulasi, kode etik atau pedoman yang berlaku di Indonesia yang mengikat Esboks ; dan
  15. Maksud dan tujuan terkait promo marketing dan tambahan produk dari Esboks, Esboks dapat menggunakan Data Pribadi Customers untuk tujuan di atas, Esboks dapat menghubungi Customers melalui surat, email, SMS, telepon atau perangkat elektronik lainnya.
  16. Maksud dan tujuan yang cukup terkait dengan perihal di atas.

Bagaimana Data Pribadi Pengguna Dilindungi Dari Pengungkapan Data Yang Tidak Sah?

Di Esboks, perlindungan terhadap Data Pribadi Pengguna dilakukan secara maksimal. Esboks tidak mengungkapkan Data Pribadi Pengguna pada pihak ketiga kecuali dibutuhkan penggunaan usaha berikut ini dengan tujuan sama yang telah disebutkan sebelumnya:

  1. Cabang, afiliasi, dan karyawan Esboks menyediakan dan memenuhi pelayanan dan kewajiban Esboks kepada Pengguna.
  2. Agen, kontraktor atau penyedia layanan pihak ketiga yang menyediakan layanan operasional dan bantuan untuk membantu memenuhi dan menjalankan layanan dan kewajiban Esbok kepada Pengguna tanpa mengeyampingkan peraturan dan perjanjian kerahasiaan yang diatur oleh Esboks dan pihak ketiga yang terkait dengannya.
  3. Konsultan dan penasehat profesional Esboks, seperti pengacara, auditor, dan pemegang dokumen.
  4. Badan hukum yang bersangkutan, badan hukum atau lembaga penegak hukum yang patuh pada hukum yang berlaku; dan
  5. Pihak lainnya yang Pengguna berikan persetujuan untuk pengungkapan data pribadi tersebut.

Pada saat Data Pribadi Pengguna diungkapkan kepada pihak ketiga seperti di atas, Esboks akan memastikan pihak ketiga tersebut bertindak sesuai dengan kebijakan dan persyaratan yang lainnya.

Selain itu, Esboks melaksanakan keamanan standar yang ketat dalam operasional kami untuk mencegah kebocoran, kehilangan, kerusakan, atau penggandaan data yang tidak sah dari Data Pribadi Pengguna dan sistem kami.

Hubungi Esboks

Esboks hanya bisa memastikan perlindungan data secara penuh dengan bantuan Pengguna, Esboks mengharapkan Pengguna untuk menghubungi Customer Empathy kapanpun diperlukan, mempertanyakan atau memberikan saran terkait penggunaan, pengolahan dan perlindungan pada Data Pribadi Pengguna. Esboks dengan senang hati jika Pengguna menghubungi Customer Empathy saat membutuhkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Mengakses Data Pribadi Pengguna dalam sistem kami.
  2. Memperbaiki, mengoreksi atau mengubah Data Pribadi Pengguna dalam sistem kami.
  3. Melaporkan penggunaan Data Pribadi Pengguna yang tidak sah oleh Esboks maupun pihak diluar Esboks.
  4. Memberikan kritik dan saran kepada Pengirim yang memberikan Data Pribadi Pengguna tanpa adanya persetujuan; atau
  5. Memberitahukan keperluan lain dan pertanyaan terkait Data Pribadi Pengguna.
  • Silakan untuk menghubungi Customer Empathy melalui esboksindonesia@gmail.com atau WhatsApp Esboks yang tertera pada situs resmi Esboks.

Perubahan Dalam Kebijakan Privasi 

Esboks berhak untuk mengubah kebijakan ini setiap saat apabila diperlukan, berdasarkan hukum yang berlaku dan kebijakan internal dari Esboks. Kebijakan terbaru akan selalu tersedia pada situs resmi Esboks.

Hukum Yang Berlaku

Segala perselisihan yang timbul dari pelaksanaan S&K serta layanan yang disediakan Esboks dengan Pemilik Akun akan diselesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan, kecuali jika ada hal-hal lainnya yang dianggap perlu untuk dilanjutkan pada proses selanjutnya melalui jalur hukum.

Penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur dalam poin ini atas layanan dan S&K yang diatur, ditentukan dan ditetapkan oleh Esboks akan diselesaikan melalui yuridiksi Pengadilan Negeri di Surabaya.